Sehat Dan Bahagia Hingga Lanjut Usia

Fit & Charming / 11 April 2012

Kalangan Sendiri

Sehat Dan Bahagia Hingga Lanjut Usia

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5423

Diprediksi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lima tahun yang akan datang jumlah orang lanjut usia (lansia) akan mengalahkan jumlah balita. Hal ini tentu harus diimbangi dengan kualitas kesehatan yang baik. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan pada lansia :

Kualitas dan Kuantitas Tidur yang Baik

Sama seperti usia lainnya, lansia juga membutuhkan kuantitas dan kualitas tidur yang baik. Kuantitas tidur yang disarankan adalah 6-8 jam setiap harinya, jika melebihi atau kurang dari kuantitas tersebut, kualitas dari tidur pun akan berkurang. Karena hal ini akan menjadi saat yang baik untuk agar tubuh dapat melakukan recovery terhadap sel-sel yang rusak.

Tidak hanya itu, kualitas tidur yang baik juga akan menghindarkan stres sehingga penyakit yang disebabkan oleh stres bisa diminimalisir.

Keajaiban Air Putih

Sebagian besar tubuh manusia adalah air, namun setiap hari tubuh manusia mengeluarkan 1,5 liter cairan tubuh. Untuk itu agar kesehatan tetap terjaga, lansia harus mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, Lansia harus minum minimal 3-6 gelas air di pagi hari.

Biasakan Olahraga

Guru  Besar Ilmu Faal (Fisiologi) olahraga, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. dr. Muchsin Doewes PFarK, MARS, AIFO, mengatakan,  olahraga yang teratur  dapat menekan penurunan struktur fungsi pada manusia lanjut usia (Lansia).

Tentu olahraga yang disarankan bukanlah olahraga berat seperti yang biasa mereka lakukan saat masih muda, salah satu olahraga yang paling disarankan adalah berjalan kaki di pagi hari selama 15 menit.

Konsumsi Apel

One Apple a Day (satu apel setiap hari), kebiasaan orang Amerika ini terbukti baik untuk kesehatan. Alasannya adalah karena apel merupakan salah satu anti oksidan yang sangat baik. Selain itu terdapat berbagai manfaat yang dikandung apel, diantaranya memperlancar pencernaan, membersihkan paru-paru dan menurunkan kolesterol.

Sumber : berbagaisumber/vcahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami